Ringkasan

Contoh materi pembelajaran Tematik anak usia dini ( PAUD ) tema " kendaraan " Contoh materi yang sangat diperlukan bagi guru PAUD,...

Pilih Link Unduh di bawah ini:
Mohon Tunggu sedang memuat Link FILE...

Tabel Keterangan [Info Grafik]


Report Details :
Update : Jumat, 19 Agustus 2016
Format : Microsoft Word (.doc .docx), Excel (.xlx .xlxs), Power Point (.pps .ppt .pptx .ppsx)
Pengupload : Wiki Edukasi
Kategori : tematik paud

Preview dan Link Download Contoh materi pembelajaran Tematik anak usia dini ( PAUD ) tema " kendaraan " dari Google Drive



Contoh materi pembelajaran Tematik anak usia dini ( PAUD ) tema " kendaraan "

Contoh materi yang sangat diperlukan bagi guru PAUD, kali ini saya akan mengambil contoh dengan tema kendaraan. Bapak ibu bisa mengambil tema lain karena tema begitu banyak.
Dimulai dari jenis-jenis kendaraan seperti kendaraan darat, laut udara. Selanjutnya diturunkan lagi macam-macam jenis kendaraan darat misalnya kereta api, mobil, sepeda dll.

Selain dilihat dari jenis kendaraan, pembelajaran tematik dengan tema kendaraan juga bisa diturunkan dari tempat pemberhentian kendaraan seperti stasiun, pelabuhan, dan bandara.

Dari Tema Kendaraan Ayah Bunda Dapat Menurunkan Lagu Diantaranya :
1. Kereta Api
2. Kapal Api
3. Delman
4. Helikopter
5. Mobil
6. Sepeda

Adapun Pembelajaran Tematik adalah pendekatan pembelajaran yang cocok dalam menanamkan berbagai konsep yang diperlukan dalam perkembangan anak usia dini. Ciri-ciri pembelajaran tematik adalah sebagai berikut : 
  1. Berpusat pada anak
  2. Memberikan pengalaman langsung pada anak
  3. Memadukan seluruh bidang pengembangan
  4. Menyajikan konsep dari berbagai bidang pengembangan dalam satu proses pembelajaran
  5. Pembelajaran dapat berkembang sesuai minat dan kebutuhan anak.

Dalam pembelajaran tematik PAUD, tema merupakan konteks (fokus bahasan) yang membingkai semua kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk menentukan tema yang akan yang dipilih harus didasarkan pada kebermaknaan belajar anak.

Dengan kata lain tema harus sudah dikenal anak, dapat merangsang anak terlibat dalam pembelajaran, dapat mengembangakan kemampuan anak dalam memecahkan masalahnya, dan dapat diterapkan karena didukung dengan sumber, bahan dan alat belajar yang diperlukan. Pemilihan tema dapat berdasarkan pada :
- Kehidupan terdekat anak
- Minat anak
- Permasalahan yang dihadapi.

Jadi dalam pendidikan anak usia dini tema sangat kondisional bisa dibilang fleksibel dan tidak dibakukan.

Dalam memilih tema harus sesuai dengan :
  • Minat atau kecenderungan yang diminati anak
  • Pengalaman dan usia perkembangan anak
  • Memperkuat pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki anak
  • Ada sumber yang dapat dipelajari dan diamati anak (orang, tempat yang dikunjungi, dan buku-buku tentang tema)
  • Ada berbagai media atau alat yang dapat dimainkan anak secara mandiri atau dengan bantuan guru
  • Mendukung perkembangan kemampuan keaksaraan, matematika, bahasa, social emosional, seni, motorik, dan moral anak
  • Nilai kepercayaan, budaya yang berlaku di masyarakat.

Satu tema dapat diterapkan untuk satu bulan,  dua bulan atau hanya dua atau tiga minggu saja. Lamanya pembahasan satu tema tergantung pada minat anak dan fokus yang akan dipelajari anak. Satu tema dapat dibagi menjadi sub tema.

Setiap sub tema dapat dikembangkan menjadi anak sub tema. Setiap anak sub tema dapat dikembangkan menjadi ranting. Setiap sub tema atau anak sub tema atau ranting sub tema dapat menjadi materi dalam satu minggu. Jadi satu tema dapat dibahas dalam waktu panjang.
Semua file yang terdapat pada artikel Contoh materi pembelajaran Tematik anak usia dini ( PAUD ) tema " kendaraan " ini tersimpan di dalam Google Drive File Storage dengan extensi Doc/Docx [Microsoft Office Word], xlx/xlxs [Excel], pps/ppsx [Power Point], untuk Portable Document Format atau sering disebut dengan PDF anda bisa membukanya dengan bantuan software Adobe Reader / Foxit Reader, Zip atau RAR diekstrak menggunakan Winrar.

Setelah mengklik salah satu nama file, nanti anda akan diarahkan ke halaman baru (redirect) pada halaman tersebut silahkan tekan tombol "Confirm..." untuk memulai unduh.

Kami ucapkan Terima Kasih kepada para Guru yang telah sempat memngunjungi blog kami, mohon untuk segera melaporkan apabila terdapat link download rusak (error / tidak bisa dibuka) melalui kontak atau tinggalkan pesan pada kotak komentar.
 
Top